51 Perempuan Pencerah Dunia

Dublin Core

Title

51 Perempuan Pencerah Dunia

Subject

Pengetahuan Umum

Description

Awalnya dunia perempuan ternyata hanya selebar daun kelor. Pasalnya, ruang lingkup perempuan hanya sekitar kasur, dapur, dan sumur. Kasur yang biasa selalu ada di kamar menunjukkan perempuan sebagai teman tidur suaminya, dapur adalah kantor kaum perempuan sebagai teman tidur suaminya, dapur adalah kantor kaum perempuan sejak pagi-pagi buta perempuan sudah sibuk di tempat yang satu ini, sementara sumur berada keluar sedikit dari wilayah rumah, dan sumur biasanya ada di belakang rumah. Sehingga ada ungkapan dalam bahasa Jawa bahwa perempuan adalah "konco wingking" atau teman di belakang. Unagkapan ini pun diperkuat oleh ungkapan dalam bahasa sunda, bahwa perempuan adalah "batur sakasur, sadapur, sasumur". Jelas sekali perempuan mendapat predikat "orang rumah".
Pemahaman baru ini melihat ketidakadilan yang dialamatkan bagi kaum perempuan yang terkungkung dalam kerangkeng pemahaman lama yang diskriminatif. Walaupun banyak tantangan tapi pemikiran baru ini lebih melihat perempuan sebagai manusia yang punya hak yang sama dengan laki-laki, terus menggelinding tak terbendung. Dari sisi berbagai sisi positif dari pemahaman baru tersebut ada sisi yang cukup kontroversial. Para pemikir perubahan perempuan atau kaum feminis ini menawarkan sedikit ruang kebebasan bagi perempuan dari pemikiran Liberal, Marxis sampai Radikal.

Creator

Tetty Yukesti

Source

z.lib-org

Publisher

Kompas Gramedia

Date

2015

Format

Fulltext

Language

Indonesia

Files

38. 51 Perempuan Pencerah Dunia by Tetty Yukesti (z-lib.org).pdf

Citation

Tetty Yukesti, “51 Perempuan Pencerah Dunia,” KOLEKSI DIGITAL IAIN PALANGKA RAYA, accessed October 28, 2021, http://ebook.iain-palangkaraya.ac.id/items/show/1564.

Output Formats